Thursday, June 20, 2013

Sambal Kelapa Khas Pekanbaru

Oleh: Oci YM



Siapa yang nafsu makannya lagi menurun?, pengen mencoba jenis sambal atau lauk yang berbeda?. Saya punya resep sambal yang enak dan gampang banget untuk membuatnya. Namanya sambal kelapa, eits… jangan bilang BIASA dulu, yang ini LUAR BIASA. Coba deh hunting di Mbah Google, Anda akan banyak menemukan resep sambal kelapa dari negeri seberang, yaitu Malaysia. Resep saya ini beda dari yang ada. Sambal kelapa ini aseli Indonesia tepatnya sangat familiar di daerah Kampar, Riau. saya kurang tahu sih asal persisnya dari mana.

Jadi begini, dulu waktu nenek saya masih hidup, setiap saya berkunjung ke rumahnya (di Kampar, Riau), nenek selalu membuatkan sambal kelapa yang lezat ini. Sambal pedes dan segar trus nasi putih panas yang dimasak di tungku dengan kayu bakar, haduuuuuh… wangi dan rasanya TOP banget dah.

Ibu saya juga ahli membuatnya, seperti turun temurun gitu. Tapi sayangnya, bikinan saya nggak seenak bikinan nenek atau Ibu hihihi… Oke deh, langsung aja yah resepnya:
1. Ikan salai (terserah mau salai apa, tapi paling enak pakai ikan salai selais)
2. Kelapa parut (sedang, nggak tua juga nggak terlalu muda)
3. Cabe
4. Bawang merah
5. Batang daun bawang (batang prei)
6. Jeruk nipis
7. Garam

Cara membuatnya:
1. Ikan salai digongseng sampai wangi.
2. Haluskan cabe, bawang merah, dan batang daun bawang, juga garam. Boleh juga ditambahkan sedikit bawang putih
3.  Masukkan ikan salai lalu giling, jangan terlalu halus.
4.  Masukkan kelapa parut, campur sampai rata.
5.  Setelah rata, beri perasan air jeruk nipis secukupnya.

 

Nah gampangkan, trus ikan salai juga bisa diganti dengan ikan teri lho, tapi terinya yang besar trus direndam dengan air panas. O yah, untuk takaran sih tergantung selera aja, makin banyak ikan salainya, makin enak. Oke deh, selamat mencoba ^_^

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

© Riau Creative Women, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena