Monday, July 1, 2013

Mengenal Aneka Kuliner di Jl. Mawar Kota Duri

Oleh: Nieke Essy

Jalan Mawar sebenarnya adalah jalan yang jaraknya tidak terlalu panjang jika dibandingkan dengan jalan-jalan besar lainnya di kota Duri, yaitu hanya 690 m saja panjangnya. Tapi jalan ini sering ramai dihampiri oleh para penikmat kuliner khususnya pada malam hari. Berbagai pilihan jenis makanan ada di sini, mulai dari masakan tradisional hingga khas barat, mulai dari makanan berat hingga cemilan. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari tempat Saya tinggal, Saya cukup sering mencoba berbagai kuliner yang ada di sini. Berikut ini adalah beberapa tempat penjual makanan yang ada di Jl. Mawar Duri, yang sebagian besar pernah Saya coba. Saya sertakan juga foursquare page-nya untuk melihat lokasi, photo-photo dan review-review dari pengunjung lain yang pernah ke sana :)

1. Siomay Jakarta
Alamat: Jl. Mawar no. 26 Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/siomay-jakarta/4d4a8b1f94ab2c0f430b230c

photo: pribadi

Seperti namanya, siomay yang dijual di sini adalah siomay khas kota Jakarta. Selain menjual siomay, tempat ini juga menjual aneka jus buah dan bubur ayam khas Jakarta. Untuk bubur ayamnya hanya dijual saat weekend saja. Menurut Saya rasa siomaynya biasa saja. Saya lebih suka bubur ayamnya yang enak dan porsinya besar. Tempat makan ini buka dari pagi hingga malam hari.

2. Magek Badaceh
Alamat: Jl. Mawar no. 220 Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/magek-badaceh/4c5219a099ecc9b660a6595a
Magek Badaceh menawarkan aneka jenis makanan yang lebih variatif. Saat pagi hari biasanya tempat ini menjual aneka bubur (seperti bubur sumsum dan bubur kampiun), aneka lontong (seperti lontong sayur, lontong nangka dan lontong taucho), hingga nasi goreng dan mie goreng. Saat sore hari biasanya tempat ini juga menjual sate Padang serta martabak mesir hingga malam hari. Rumah makan di tempat ini juga menyediakan menu masakan khas Sumatra Barat yang dijual sepanjang hari mulai dari pagi hingga malam hari. Di sini Saya lebih suka membeli bubur kampiun, lontong taucho, dan ikan bakarnya yang enak :)

3. Kue Pukis dan Pastel Inti Sari
Alamat: Jl. Mawar (di depan "Laundry Bunda") Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/kue-pukis--pastel-inti-sari/511796b7e4b0eb6a9e96ecd2

photo: pribadi

Gerobaknya "parkir" di pinggir Jl. Mawar persis di depan "Laundry Bunda". Pukis yang dijual di sini aneka rasa, ada keju, blueberry, coklat, nanas dan pisang. Selain pukis di sini juga dijual pastel dan bakwan. Gerobak kue pukis ini dibuka dari pukul setengah 5 sore hingga malam hari. Sedangkan cemilan favorit Saya adalah pukis rasa keju dan pastelnya yang empuk dan dijual hangat-hangat.

4. RCC Burger & Pizza House
Alamat: Jl. Mawar no. 12 Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/rcc-burger--pizza-house/4beaab93415e20a1a242e5bb
Sebenarnya Saya sendiri belum pernah mampir ke RCC Burger & Pizza House yang ada di Jl. Mawar ini. Tapi Saya sudah sering membeli burger buatan mereka yang dijual di snack bar tempat Saya biasa berenang. Tapi di snack bar itu pilihan menunya tak sebanyak yang ada di Jl. Mawar ini. Di sini RCC menjual aneka burger, pizza, aneka makanan hot plate, es krim dan lain-lain. Restaurant ini sering terlihat ramai. Mungkin karena cita rasanya yang sudah terkenal enak. Restaurant ini termasuk salah satu restaurant yang paling tua di kota ini.

5. Bakso Malang Kota Cak Eko
Alamat: Jl. Mawar (di samping    ) Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/bakso-malang-kota-cak-eko/4bf666ccbfeac92859389436

photo: dokumentasi Suami

Di tempat ini dijual aneka bakso, bakmi, dan aneka masakan "sahabat nasi" seperti ayam goreng, ayam bakar dan lain-lain. Selain itu di sini juga dijual soimay serta aneka kue seperti kue sus dan roti isi sosis atau mises. Saya sendiri pernah mencoba mie ayamnya. Rasanya enak, isinya lengkap dan porsinya gede. Di sini tersedia ruangan ber AC dan tempat lesehan untuk para pengunjungnya.

6. Sate Dangung-dangung
Alamat: Jl. Mawar (seberang Pukis Inti Sari) Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/sate-dangung-dangung/4f75a1f3e4b0f1780a5f19ee
Ada beberapa sate Padang yang terkenal dan dijual di kota Duri. Tapi yang paling cocok dilidah Saya adalah sate Padang Dangung-dangung ini. Tempatnya hanya berupa warung tenda dengan jejeran bangku dan meja kayu yang "parkir" di pinggir Jl. Mawar. Tapi pembelinya sering ramai karena satenya memang sudah terkenal enak dan penjualnya yang ramah-ramah. Kuah satenya kental, bumbunya pas, dan ada sedikit potongan daging serta tulang ayam yang menambah cita rasa pada kuahnya. Selain sate Padang, tempat ini juga menjual sate ayam/sate kacang. Tempat ini dibuka dari pukul 5 sore hingga malam hari.

7. Bakul Restaurant
Alamat: Jl. Mawar no. 10A Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/bakul/50f7fa69e4b06f9c7c7f7dd6

photo: pribadi

Restaurant ini menjual berbagai aneka masakan, mulai dari masakan khas Sunda hingga seafood. Selain itu sini juga dijual aneka makanan untuk sarapan seperti bubur ayam dan roti bakar. Restaurant ini dibuka dari pagi hingga malam hari. Untuk masakan yang pernah Saya coba, Saya sangat mengidolakan cumi saus tiram, ikan nila pedas manis dan ikan gorengnya yang enak. Di sini juga tersedia tempat makan lesehan untuk para pengunjung.

8. Warung Juragan
Alamat: Jl. Mawar (seberang Annisa Baby Shop) Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/warung-juragan/4f92efd5e4b03828fd69ea6a
Warung berkonsep cafe outdoor ini menjual aneka makanan seperti nasi dan mie goreng, snack, dan juga menjajakan kopi serta aneka jus. Tempat ini sering ramai dikunjungi oleh anak-anak muda kota Duri khususnya saat malam hari. Meskipun menu yang disediakan di sini adalah menu-menu yang biasa dijual di tempat lain, tapi tempat ini juga memiliki keunikan yaitu menyediakan layar tancap untuk para pengunjung yang ingin nobar menonton acara bola.

9. RM. Aneka Soto
Alamat: Jl. Mawar no. 9A Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/rm-aneka-soto/4c160807a9c220a11aee599d /
https://foursquare.com/v/aneka-soto/4d1c8509f8ca236a86c5f630

photo: pribadi

Pertama kali tau tempat ini dari Ibu Saya, kata Beliau di sini dijual aneka soto dan pembelinya ramai. Ternyata benar, saat mengunjungi tempat ini saat malam hari, Saya harus menunggu cukup lama karena pembelinya banyak sekali. Tapi worth it karena rasa soto betawi yang menjadi menu favorit Saya di sana sangat enak dibandingkan dengan soto betawi yang dijual di tempat lain, kuahnya kental dan gurih serta dagingnya sangat lembut. Selain aneka soto, di sini juga dijual bubur ayam (pagi hari khusus weekend), rawon, ayam penyet serta sate maranggi.

10. Kampoeng Steak
Alamat: Jl. Mawar (di dekat Annisa Baby Shop) Duri
Foursquare: https://foursquare.com/v/kampoeng-steak/4e78a72fae60e5ae005b998a
Tempat ini berada pada sebuah warung tenda dengan beberapa bangku dan meja bundar untuk para pengunjungnya. Jenis makanan yang dijual di sini mulai dari masakan western seperti steak hingga masakan timur tengah seperti kebab arab, ada juga aneka nasi goreng. Steak-nya terkenal murah meriah. Sedangkan Saya sendiri pernah mencoba kebab arabnya yang nikmat. Tempat ini dibuka dari sore hingga malam hari.

Sebenarnya masih ada aneka kuliner lain di Jl. Mawar seperti gorengan, martabak manis dan tahu sumedang yang dijual di gerobak di pinggir jalan. Hanya saja tempatnya tidak selalu buka dan kurang jelas kapan saja si penjual menjajakan dagangannya. Padahal rasanya juga enak dan recommended menurut Saya :) Ada juga "Castle Bakery" (yang menjajakan aneka roti, tart serta kue kering), pecel lele, serta cafe lain yang menyediakan aneka makanan khas western (Saya lupa nama tempatnya).  Namun Saya belum pernah ke sana, jadi Saya juga kurang tau dengan cita rasanya. Selain itu dulunya di Jl. Mawar ini juga ada warung kopi terkenal bernama "Bandrek Akang". Sayangnya sebelum sempat mencicipi kopi dan wedangnya yang terkenal enak, toko ini sudah tidak beroperasi lagi di Jl. Mawar semenjak terjadi insiden kebakaran di sana. Saat ini warung kopi ini buka di Jl. Hangtuah yang merupakan warung pertamanya dan membuka cabang terbarunya di Sebangga.

Banyak sekali kan pilihan kuliner yang ada di Jl. Mawar..? Jadi kalau mampir ke kota Duri Riau, jangan lupa menyempatkan diri untuk berwisata kuliner di sini, ya..! ;)

9 comments:

  1. Yang RCC aku udah pernah. Di Duri jalannya emang itu2 aja ya, heheheee....

    ReplyDelete
  2. enak2 banget sepertinya..jadi pengen nyobain

    ReplyDelete
  3. Kalo Bakso Malang, mending ke kota saya. Bakso Malangnya asli. Ahaha...

    ReplyDelete
  4. wah, mengulas jajanan di kota duri,.. whehe,.. salam kenal aja deh mbak,.. :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal :)

    Duri punya banyak makanan dan enak2 :D

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mbak nike di duri tinggal dimn ya? Mksh banget infonya berguna bagi saya yg baru 2minggu menginjak kota duri :)

    ReplyDelete
  7. sekarang tinggal siomay Jakarta yang masih bertahan… :(

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

© Riau Creative Women, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena